*TSM7GpAiGfz5GUYpTSMoGSO5Td==*

Dinas Dukcapil Lobar Turun ke Desa Senggigi, Beri Pelayanan Adminduk Warga

Petugas dari Dinas Dukcapil Lobar, UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar saat memberi pelayanan kepada warga, di kantor desa Senggigi, Kamis (27/2)


LOMBOK BARAT - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Barat, melalui UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar bekerja sama dengan Pemerintah Desa Senggigi menggelar layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kantor desa Senggigi, Kamis (27/02/2025).

Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan warga dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan tanpa harus bepergian jauh ke UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar yang ada di Gunung Sari maupun ke kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat di Gerung.

Kepala UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar, Siti Arita Damayanti mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat di pedesaan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk pengurusan administrasi kependudukan.

"Kami berharap dengan adanya layanan ini, proses administrasi kependudukan dapat lebih cepat dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dan semoga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya di desa Senggigi," ujarnya.

Damayanti menambahkan, selain untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan Adminduk seperti mengurus Akte Kelahiran, Akte Kematian, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan perekaman e-KTP, pihaknya juga memperkenalkan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Identitas Kependudukan Digital itu bisa mengakses dengan berbasis digital, karena semua Adminduk itu sudah ada di HP. Dan hari ini kami menetapkan pelayanan "One Day One Service", artinya begitu Adminduk jadi, sudah bisa dibawa pulang oleh warga " jelasnya.

Salah seorang warga desa Senggigi, I Komang Yudi menyambut baik kehadiran layanan Dukcapil di desa Senggigi ini. Ia mengaku terbantu dengan adanya kemudahan akses untuk mengurus dokumen kependudukan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perjalanan ke Gunung Sari maupun ke Gerung.

"Saya pribadi sangat terbantu dengan adanya pelayanan Adminduk di kantor desa Senggigi ini. Ini benar-benar sangat mempermudah kami dalam mengurus segala keperluan yang menyangkut tentang administrasi kependudukan. Saya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Desa Senggigi, khususnya bapak kepala desa dan pihak Dukcapil yang sudah hadir di desa Senggigi ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Senggigi, Mastur, SE menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pelayanan Adminduk oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Barat melalui UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar bekerja sama dengan Pemerintah Desa Senggigi.

"Ini benar-benar sangat membantu bagi warga kami di desa Senggigi ini. Sekali lagi, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat," pungkasnya. (SN).

Komentar0




Type above and press Enter to search.